Kunci Keberhasilan Perusahaan

August 06, 2017
Kunci Keberhasilan Perusahaan besar itu tergantung pada modal yang besar. Siapa bilang? Kenyataannya, banyak perusahaan yang sekarang menjadi besar diawali tanpa modal sepeserpun. Founder facebook tidak membutuhkan modal sepeserpun untuk menjadi perusahaan yang sekarang hampir menyaingi google. Paling tidak, facebook hanya membutuhkan aplikasi dan laptop dan kesabaran dari penciptanya. Jadi apa yang membuat perusahaan itu bisa menjadi besar?
Sumber daya manusianya. Iya, hanya dengan SDM yang baguslah perusahaan bisa lebih cepat maju. Tetapi SDM juga perlu ditopang dengan berbagai faktor. Memang SDM adalah segalanya, tetapi dalam perkembangannya dibutuhkan berbagai faktor lain agar SDM itu bisa bekerja dengan baik, yaitu :

Kunci keberhasilan perusahaan yang pertama adalah strategi yang bagus. Strategi disusun berdasar dengan faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal bisa dilihat dari Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), sedangka faktor eksternal yang mempengaruhi strategi adalah Ancaman (Threat) dan Peluang (opportunity). Kombinasi antara ke empat faktor tersebut menjadi dasar pengambilan keputusan dalam penyusunan strategi. Untuk bisa menciptakan strategi yang bagus. Selain itu sebuah perusahaan juga harus melakukan survei, guna menentukan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Survei ini ditujukan untuk mengetahui apa saja yang paling dibutuhkan oleh konsumen. Terutama kebutuhan di masa mendatang.

Kunci keberhasilan perusahaan yang kedua adalah gaya kepemimpinan yang berkualitas. Seorang pemimpin harus bisa mengomunikasikan faktor internal dengan faktor eksternal, harus kreatif, inovatif, cepat mengambil keputusan di saat yang tepat dan lain sebagainya.

Kunci keberhasilan perusahaan yang ketiga adalah sistem informasi. Informasi adalah sumber dari segala sesuatu yang akan dikerjakan dan harus dikerjakan. Sistem informasi yang cepat akan menentukan kecepatan kemajuan perusahaan. Untuk itu, banyak perusahaan besar yang membangun sistem informasinya lebih besar dari produk yang dibuat.

Kunci keberhasilan perusahaan yang keempat adalah organisasi yang bagus. Organisasi ini berguna untuk membuat sistem kerja yang kondusif dan berorientasi maju. Ini yang nantinya akan menentukan bagaimana karyawan harus bekerja dan bagaiman sistem kontrolnya dan lain-lain.

Kunci keberhasilan perusahaan yang kelima adalah orientasi pelanggan. Ini sangat penting untuk bisa mengetahui apa yang harus dipasarkan, bagaimana penawarannya, dan seberapa besar potensi keberhasilannya.

Tetapi kelima faktor itu saja belum cukup. Ada beberapa faktor lagi sebagai penunjang agar sebagai kunci keberhasilan perusahaan, yaitu :

1) Pertama, faktor keuangan
Terutuma untuk proyek yang besar. Memang ada perusahaan besar yang dulunya dibangun dengan modal yang sangat sedikit seperti facebook dan jejaring sosial lainnya. Tetapi dalam perjalanannya, ia tetap membutuhkan modal besar untuk membangun keamanan sistem informasinya. Memang ada yang mendapatkan modal dari hasil yang sudah didapatkan dari perusahaan itu, ada juga yang didapatkan dari luar perusahaan seperti pinjam ke bank dan lain sebagainya.

2) Kedua, peraturan pemerintah
Bersyukurlah Anda yang sekarang ini berada di negara yang menganut sistem demokrasi. Karena sistem ini membebaskan warganya untuk menumpuk kekayaan dengan cara yang sesuai dengan aturan yang ada. Berbeda dengan negara yang menganut sistem komunis. Anda tidak akan bisa lebih maju. Sebab semuanya langkah gerak Anda dibatasi. Sebab di dalam perjalanannya nanti Anda pasti akan berhubungan dengan sistem perpajakan, perijinan dan pengurusan dokumen lainnya.

3) Ketiga, faktor manajemen
Ini juga sangat penting. Manajemen yang bagus akan membuat perusahaan lebih mudah maju. Sebab semuanya bekerja sesuai dengan instruksi manjerial. Sehingga semua pekerjaan akan tepat sasaran.

4) Keempat, faktor administrasi
Semakin berkembang sebuah perusahaan maka semakin banyak dokumen yang harus diurusi. Tidak mungkin semuanya diingat di dalam otak. Sehingga sistem administrasi yang bagus juga sangat dibutuhkan untuk memberikan pelaporan tentang semua transaksi mengenai pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan oelh perusahaan. Sehingga evaluasinya nanti bisa lebih mudah.

5) Kelima, faktor produksi dan pemasaran
Kedua unsur ini harus berimbang. Jangan sampai produksinya membengkak sementara pemasarannya menurun. Hal ini akan membuat perusahaan merugi. Jika pemasarannya bagus sementara produksinya kurang, akan membuat pelanggan banyak yang kabur sehingga kemajuan perusahaan akan melambat. Sehingga keduanya harus sinergi.

Semua faktor di atas adalah sesuatu yang harus dipahami oleh sumber daya manusianya. Semuanya tergantung SDM. Jika SDM yang dimiliki perusahaan tidak cakap maka semuanya tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga pihak perusahaan perlu mengadakan pelatihan untuk para pegawainya. Perusahaan yang sekarang semakin maju tidak pernah menganggap bahwa kemampuan SDM yang dimilikinya sudah cukup. Walaupun perusahaan semakin besar, ia masih terus memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan individu pegawainya. Pelatihan yang diberikanpun dilakukan dengan cara berjenjang. Sehingga pengklasifikasian dalam pelatihan sangat diperlukan sesuai jabatan yang diembannya masing-masing. Nah itulah kunci keberhasilan perusahaan yang ternyata berada di tangan manusianya.

Jika menurut Anda, artikel ini bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi orang lain, jangan lupa untuk membagikannya / share ya.....

Salam



Comments

Pentingnya Merancang SOP yang Efektif

Ilustrasi Standard Operasional Procedure/ SOP Tahukah Anda bahwa untuk mencapai kualitas output yang baik dan terukur tingkat produkt...