Kunci Keberhasilan Perusahaan besar itu tergantung pada modal yang besar. Siapa bilang? Kenyataannya, banyak perusahaan yang sekarang menjadi besar diawali tanpa modal sepeserpun.
Founder facebook tidak membutuhkan modal sepeserpun untuk menjadi perusahaan
yang sekarang hampir menyaingi google. Paling tidak, facebook hanya membutuhkan
aplikasi dan laptop dan kesabaran dari penciptanya. Jadi apa yang membuat
perusahaan itu bisa menjadi besar?
Sumber daya manusianya. Iya, hanya dengan SDM yang
baguslah perusahaan bisa lebih cepat maju. Tetapi SDM juga perlu ditopang
dengan berbagai faktor. Memang SDM adalah segalanya, tetapi dalam
perkembangannya dibutuhkan berbagai faktor lain agar SDM itu bisa bekerja
dengan baik, yaitu :
Kunci keberhasilan perusahaan yang pertama adalah strategi yang bagus. Strategi disusun berdasar dengan faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal bisa dilihat dari Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weakness), sedangka faktor eksternal yang mempengaruhi strategi adalah Ancaman (Threat) dan Peluang (opportunity). Kombinasi antara ke empat faktor tersebut menjadi dasar pengambilan keputusan dalam penyusunan strategi. Untuk bisa
menciptakan strategi yang bagus. Selain itu sebuah perusahaan juga harus melakukan survei, guna menentukan apa saja yang dibutuhkan oleh perusahaan.
Survei ini ditujukan untuk mengetahui apa saja yang paling dibutuhkan oleh
konsumen. Terutama kebutuhan di masa mendatang.
Kunci keberhasilan perusahaan yang kedua adalah gaya kepemimpinan yang
berkualitas. Seorang pemimpin harus bisa mengomunikasikan faktor internal
dengan faktor eksternal, harus kreatif, inovatif, cepat mengambil keputusan di
saat yang tepat dan lain sebagainya.
Kunci keberhasilan perusahaan yang ketiga adalah sistem informasi. Informasi adalah
sumber dari segala sesuatu yang akan dikerjakan dan harus dikerjakan. Sistem
informasi yang cepat akan menentukan kecepatan kemajuan perusahaan. Untuk itu,
banyak perusahaan besar yang membangun sistem informasinya lebih besar dari
produk yang dibuat.
Kunci keberhasilan perusahaan yang keempat adalah organisasi yang bagus.
Organisasi ini berguna untuk membuat sistem kerja yang kondusif dan
berorientasi maju. Ini yang nantinya akan menentukan bagaimana karyawan harus
bekerja dan bagaiman sistem kontrolnya dan lain-lain.
Kunci keberhasilan perusahaan yang kelima adalah orientasi pelanggan. Ini sangat
penting untuk bisa mengetahui apa yang harus dipasarkan, bagaimana
penawarannya, dan seberapa besar potensi keberhasilannya.
Tetapi kelima faktor itu saja belum
cukup. Ada beberapa faktor lagi sebagai penunjang agar sebagai kunci keberhasilan perusahaan, yaitu :
1) Pertama, faktor keuangan
Terutuma untuk proyek yang besar. Memang ada
perusahaan besar yang dulunya dibangun dengan modal yang sangat sedikit seperti
facebook dan jejaring sosial lainnya. Tetapi dalam perjalanannya, ia tetap
membutuhkan modal besar untuk membangun keamanan sistem informasinya. Memang
ada yang mendapatkan modal dari hasil yang sudah didapatkan dari perusahaan
itu, ada juga yang didapatkan dari luar perusahaan seperti pinjam ke bank dan
lain sebagainya.
2) Kedua, peraturan pemerintah
Bersyukurlah Anda yang sekarang ini berada di
negara yang menganut sistem demokrasi. Karena sistem ini membebaskan warganya
untuk menumpuk kekayaan dengan cara yang sesuai dengan aturan yang ada. Berbeda
dengan negara yang menganut sistem komunis. Anda tidak akan bisa lebih maju.
Sebab semuanya langkah gerak Anda dibatasi. Sebab di dalam perjalanannya nanti
Anda pasti akan berhubungan dengan sistem perpajakan, perijinan dan pengurusan
dokumen lainnya.
3) Ketiga, faktor manajemen
Ini juga sangat penting. Manajemen yang bagus
akan membuat perusahaan lebih mudah maju. Sebab semuanya bekerja sesuai dengan
instruksi manjerial. Sehingga semua pekerjaan akan tepat sasaran.
4) Keempat, faktor administrasi
Semakin berkembang sebuah perusahaan maka
semakin banyak dokumen yang harus diurusi. Tidak mungkin semuanya diingat di
dalam otak. Sehingga sistem administrasi yang bagus juga sangat dibutuhkan
untuk memberikan pelaporan tentang semua transaksi mengenai pemasukan dan
pengeluaran yang dilakukan oelh perusahaan. Sehingga evaluasinya nanti bisa
lebih mudah.
5) Kelima, faktor produksi dan pemasaran
Kedua unsur ini harus berimbang.
Jangan sampai produksinya membengkak sementara pemasarannya menurun. Hal ini
akan membuat perusahaan merugi. Jika pemasarannya bagus sementara produksinya
kurang, akan membuat pelanggan banyak yang kabur sehingga kemajuan perusahaan
akan melambat. Sehingga keduanya harus sinergi.
Jika menurut Anda, artikel ini bisa memberikan inspirasi dan manfaat bagi orang lain, jangan lupa untuk membagikannya / share ya.....
Salam
Comments